Cara Mencari Pekerjaan Lewat Sosial Media



Mencari pekerjaan adalah hal yang sulit. Apalagi di era sekarang dimana sangat banyak jumlah "fresh graduate" yang menjadikan persaingan mendapat kerja cukup sulit. Sebenarnya tidak begitu susah untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan apabila kita melek teknologi. Tidak perlu menjadi ahli koding untuk bisa disebut "melek teknologi". Yang dibutuhkan hanyalah strategi melalui akun media sosial kamu.

Situs  sosial media seperti Twitter dan Facebook tidak hanya menyenangkan untuk hiburan dan berinteraksi dengan teman kita, tapi juga menjadi peluang bisnis yang layak. Melaui akun sosmed kamu, hashtag dan halaman pribadi, kamu dapat menemukan karir potensial yang cocok denganmu.

Ingin mendapatkan kesempatan menjadi penulis dan tulisanmu di baca orang banyak ? Gunakan saja hashtag di Twitter. Ingin tetap up to date dengan lowongan pekerjaan di perusahaan - perusahaan impianmu ? Klik like dan follow akun mereka di Facebook. Ingin membuat resume cantik yang akan menarik perhatian seorang perekrut kerja atau manajer? Gunakan Pinterest.

Inilah cara untuk mendatangkan pekerjaan favoritmu melalui media sosial.


1. Twitter



Hanya 140 karakter atau kurang, Twitter dapat membantu kamu menemukan pekeraan impianmu. Twitter sebenarnya penuh dengan lowongan pekerjaan dan halaman jaringan profesional jika kamu tahu bagaimana menemukannya. :

  • Cari / Search: Gunakan kolom pencarian di Twitter untuk menemukan pekerjaan yang kamu inginkan. Untuk hasil yang akurat, gunakan kata "job",  "lowongan", "recruitment" dan gunakan pekerjaan yang kamu inginkan. Twitter sekarang telah memiliki fitur memfilter hasil pencarian berdasarkan lokasi. Maka dari itu gunakan filter lokasi untuk menentukan lokasi mana yang sesuai keinginanmu. Dan jangan lupa di follow akunnya agar mendapat update informasi.
  • Hashtag: Ketikan hashtag yang menampilkan lowongan kerja seperti #job , #lowongan , #rekrutmen , dan #hiring. Setiap perusahaan akan menggunakan hashtag dalam tweet mereka agar dibaca secara luas.
  • Seringlah ngetweet: Ngetweet adalah cara terbaik agar tetap terhubung dengan orang-orang yang mempunyai skill sama seperti anda. Follow akun-akun bisnis atau orang yang menjadi panutan anda. Semisal kamu ingin menjadi penulis maka follow lah akun - akun penulis yang menjadi panutan kamu. Jangan ragu untuk ngirim mention ke mereka. (Untuk tips ini kamu harus memastikan Twitter mu penuh dengan portofoliomu agar terlihat profesional).

2. Facebook



Tidak bisa dibantah lagi. Facebook adalah sosial media terbesar dengan jumlah pengguna aktif hampir di seluruh dunia. Berdasarkan fakta tersebut ini beberapa tips yang dapat kamu gunakan :
  • Like Page : Banyak perusahaan menggunakan Facebook Page sebagai media interaksi dengan orang - orang. Dengan me-like page mereka kamu akan mendapat update informasi dari mereka termasuk lowongan kerja.
  • Posting Portofoliomu : Atur privasi settingmu menjadi publik untuk setiap portofoliomu yang kamu post di facebookmu. Misalnya kamu seorang desainer grafis, maka share karyamu di Facebook. Kamu juga bisa menshare postinganmu dari akun deviant art atau situs portofolio lain ke Facebookmu jika kamu tidak ingin karyamu di jiplak.
  • Tetap Update Informasimu : Pastikan semua info pekerjaan dan pendidikan kamu up to date dan mencerminkan posisi dan pengalaman kamu.
  • Tambahkan Profesional Skillmu : Beberapa bulan yang lalu Facebook menambahkan "Keterampilan Profesionall" ke bagian "Tentang" di bawah pendidikan dan pekerjaan. Tambahkan skill profesional mu agar mengoptimalkan daya tarikmu

3. LinkedIn



LinkedIn adalah jaringan pilihan bagi para profesional. Linkedln adalah sosial media yang paling tepat untuk mencari kerja.

  • Connect: Tidak seperti Facebook, Linkedln sedikit menyeramkan untuk terhubung dengan orang asing, karena semua orang mencari peluang mencari jaringan. Terhubunglah dengan orang-orang yang memiliki karier yang kamu minati. Sebagai inspirasi, lihat bagian anggota dari blog LinkedIn, di mana pengguna berbagi anekdot kesuksesan mereka tentang jaringan melalui situs ini.
  • Jobs Board: Situs tidak hanya menyediakan saran dan koneksi, namun juga memiliki Jobs Board yang menyediakan peluang yang ada di hampir setiap bidang.
  • Share More: Menurut ahli karir LinkedIn, Nicole Williams, berbagi artikel atau konten dengan jaringan kamu meningkatkan peluang kamu 10 kali untuk dihubungi oleh perekrut. Bila kamu berbagi konten, itu membuktikan pengetahuan kamu di industri ini.
  • List-kan semua pengalamanmu : Profil kamu akan lebih mungkin dilihat oleh manajer perekrutan jika kamu memiliki daftar pengalaman kerja terperinci. Semakin kuat profil kamu, semakin berpengalaman dan potensimu terlihat.

4. Pinterest



Ya, Pinterest lebih dari sekadar tempat untuk menemukan inspirasi tentang konsep pernikahan atau resep masakan enak saja. Tapi Pinterest juga bisa digunakan untuk mencari kerja :

  • Pin Resume-mu:  Gunakan papan Pinterest untuk "pin" resumemu. Kamu dapat menyoroti aspek-aspek tertentu dari pengalamanmu dan menambahkan foto dan tautan. Lihatlah Rachael G. King, manajer media sosial di Sidecar yang menciptakan sebuah "Living Resume".



Post a Comment

0 Comments